Skip to main content

Coba Resep Baru Yuk

Translate

Resep Mie Goreng Jawa ala Barack Obama

Setelah liburan 6 hari di Bali sejak 23 Juni 2017, Barack Obama dan keluarga melanjutkan perjalanan wisata ke Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ketika berkunjung sebuah museum seni dan budaya Bali di Ubud, Agung Rai pemilik museum ARMA menyuguhkan Jaja Lak Lak dan Es Kelapa Muda untuk Obama dan keluarga.

Televisi swasta nasional dan beberapa berita online mengabarkan, bahwa saat tiba di Yogyakarta sebelum mengunjungi Candi Borobudur pada 28 Juni 2017 untuk menyaksikan keindahan sunset di Candi Budhat terbesar itu, ternyata Obama telah memesan Sate Ayam, Nasi Goreng dan Bakmi Goreng atau Mie Goreng. Kok nggak memesan bakso ya?
Mie Goreng Jawa, Barack Obama, Jokowi, Resep Mie Goreng Jawa, wisata kuliner,
Obama & Jokowi lagi makan siang. Image: internasional.kompas.com dan reviewkuliner.com
Padahal ketika presiden AS ke 44 ini berpidato di Balairung Universitas Indonesia, 11 November 2010, Obama yang pernah jadi anak Menteng di masa kecilnya kan menyebut bakso. Mungkin chef yang memasak Mie Goreng akan menambahkan bakso pada Mie Goreng yang dipesan khusus itu.

By the way, Mie Goreng merupakan kesukaan masyarakat Indonesia dan Asia. Kalau Obama memesan Mie Goreng atau Bakmi Goreng tentu masuk akal. Barangkali hidangan Mie ini akan menjadi hidangan istimewa bukan hanya untuk Obama, melainkan juga kedua putrinya dan Michelle, istri Obama.

Apakah anda juga ingin makan Mie Goreng? Yuk kita coba resep Mie Goreng Jawa, yang maknyus.

Supaya Mie Goreng Jawa yang anda masak semakin mantap, ayo siapkan bahan-bahan penting sebagai berikut:

  • Mie telur kering, 1 bungkus, rebus dan tiriskan
  • Bakso sapi, 5 buah, potong-potong
  • Udang galah, 100 gram, kupas
  • Daun bawang, 2 batang, potong 1 cm
  • Daun seledri, 1 tangkai, potong kasar
  • Sawi hijau, 200 gram, potong-potong
  • Kol, 200 gram, potong-potong
  • Telur ayam, 2 butir, kocok lepas
  • Minyak goreng, 5 sdm
  • Kecap manis, 2 sdm
  • Bumbu penyedap berupa bubuk kaldu ayam atau sapi, 1 bungkus

 Bumbu lainnya yang juga harus anda siapkan adalah:
  • Bawang putih, 4 siung
  • Kemiri, 5 butir, sangrai
  • Lada putih bubuk, ¼ sendok teh
  • Garam, ¼ sendok teh
  • Gula pasir, 1 sendok teh

Jika bahan-bahan tersebut sudah siap, lakukan langkah-langkah berikut ini, supaya Mie Goreng yang akan anda suguhkan untuk Obama semakin lezat, yaitu:  
  • Mie yang sudah direbus ditambah dengan 1 sdm minyak goreng, aduk, lalu sisihkan.
  • Bumbu-bumbu yang ada dicampur jadi satu, lalu dihaluskan.
  • Tumis bumbu halus yang sudah disiapkan di langkah kedua, masak sampai aroma harumnya keluar.
  • Tuangkan bakso dan udang galah, tumis keduanya sampai berbalur bumbu dan warnanya berubah.
  • Tambahkan telur, masak sampai matang.
  • Masukkan kol dan sawi hijau, masak sampai setengah layu.
  • Tuangkan bumbu penyedap sejenis kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk rata.
  • Masukkan mie rebus ke dalam tumisan bumbu, tambahkan kecap manis secukupnya. Jangan kebanyakan kecap supaya warna mie dan rasanya tetap terjaga sempurna. 
  • Masak hingga mie mengering.
  • Angkat, sajikan.
Hidangkan resep Mie Goreng ini untuk makan malam, atau bahkan makan pagi Anda. Isi lauk dari mie, seperti udang dan bakso, bisa Anda ganti sesuai dengan bahan apa saja yang ada di dalam lemari dapur. Jika Anda tidak suka udang, maka potongan daging ayam bisa menjadi pengganti. Demikian juga dengan kecap manis, ubah takaran dan sesuaikan dengan selera Anda.

Oh, ya. Setelah Obama menuntaskan liburan dan wisata kuliner di Yogyakarta dan Jawa Tengah, Jokowi akan mengajak Obama makan siang di Istana Bogor pada 30 Juni 2017. Mungkin Obama akan menghidangkan Bakso spesial khas Bogor plus Talas Bogor sambil minum kopi Bali sembari menyaksikan rusa-rusa cantik yang menghiasi halaman Istana di Buitenzorg itu. 


Catatan khusus:
 
Mie Goreng Jawa, Barack Obama, Jokowi, Resep Mie Goreng Jawa, wisata kuliner,
Mie Goreng Ayam. Image: cuteabis.com

Kalau anda tidak suka dengan udang atau bakso, maka anda tidak perlu menambahkan udang. Ayam sudah cukup untuk membuat Mie Goreng tetap enak dan pas untuk makan siang atau malam. 

Artikel resep Mie Goreng Jawa ini terinspirasi dari reviewkuliner.com  

Selain Mie Goreng khas Jawa, ayo coba pula resep Mie Goreng ala Batak atau sering disebut sebagai Spaghetti Batak. 



Comments

Popular posts from this blog

Sup Kacang Merah Brenebon asli Manado

Apakah anda sudah pernah jalan-jalan ke Manado, Sulawesi Utara? Jika anda penggemar scuba diving, maka anda pasti ingin ke Bunaken. Di Manado dan sekitarnya seperti di Kawanua, Tomohon, Danau Tondano dan sekitarnya, anda juga bisa menikmati hidangan khas yang lezat seperti ikan tude. Manado juga cocok untuk destinasi wisata kuliner. Ada aneka rasa dan ragam hidangan Manado, salah satunya adalah Sup Kacang Merah Brenebon.  Jika anda belum sempat wisata kuliner ke Manado, anda tidak perlu khawatir karena di kota lain seperti Jakarta, maka Sup Brenebon ini juga bisa anda temukan. Sebelum anda mencobanya, barangkali anda perlu mengetahui sejarah singkat sup yang bisa membuat anda segar dan sehat ini. Berbeda dengan masakan Manado atau Kawanua lainnya yang pedas, maka Sup Brenebon ini cocok untuk siapa saja, bahkan jika anda punya pacar dari Belanda atau Amerika.  Kata Brenebon atau kacang merah konon berasal dari Bahasa Belanda yang dikenal pada jaman VOC ( Vereenigde Oostindische Comp

Barack Obama dan rahasia resep Nasi Goreng Indonesia

Barack Obama presiden USA ke 44 bukan hanya terkenal di Amerika Serikat, bahkan di seluruh dunia, dan tentu saja di Indonesia. Obama pernah menikmati masa kecil dan bersekolah di Indonesia. Setelah pensiun sebagai presiden, Obama sangat menikmati purna tugasnya, dengan berlibur ke Karibia bermain kitesurfing bersama milyarder Richard Branson di British Virgin Island, ke Hawaii, lalu makan makan bareng  Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada, di sebuah cafe di Montreal, Kanada.  Jokowi nyantai dengan Obama di Bogor. Image: netz.id & inforesepku.com Selain bermain basket, Obama punya hobi yang mirip dengan banyak orang, makan-makan. Karena itulah ketika berlibur alias mudik di Indonesia yang dimulai pada 23 Juni 2017, presiden yang bergaya santai ini tidak menyia-nyiakan masa liburannya di Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jakarta untuk menikmati makanan masa kecilnya di Menteng atau Yogyakarta.  Nasi Goreng. Image: en.wikipedia.org Obama sempat membuat heboh pada

Bebalung Sapi khas Lombok. Resep rahasia lengkap dengan video demo. Maknyus

Selain wisata kuliner ke Bandung, Jogjakarta, Belitung atau Bali, barangkali anda sudah pernah liburan dan sekaligus mencoba makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung. Namun, liburan ke Lombok, rasanya kurang sempurna tanpa mencicipi kuliner khas lainnya, Bebalung Sapi.  Masakan khas ini cocok sekali bagi kita yang doyan dengan menu-menu sejenis sop atau gulai dari daging sapi dan tetelan tulang yang masih muda. Masakan bebalung khas ini dibuat hanya dengan beberapa bahan dan bumbu saja yang pastinya tidak akan sulit untuk kita siapkan. Anda bisa membeli bahannya di pasar terdekat.  Bebalung Sapi Lombok. Image: konfrontasi.com Bebalung Sapi paling mantap jika disantap dalam keadaan panas di suasana sore hari atau saat makan siang yang sedikit dingin dan tentunya disantap bersama-sama dengan keluarga atau teman arisan, bahkan saat reunian. Yang unik dari Bebalung ini adalah karena masyarakat asli Lombok percaya bahwa setelah meni

Enjoy Life