Skip to main content

Coba Resep Baru Yuk

Translate

Resep Kue Cubit Green Tea, enak dan sehat untuk keluarga

Ketika anda jalan-jalan ke pasar atau di pinggir jalan anda sering melihat Tukang Kue Cubit. Kue sederhana ini digemari dari anak-anak sampai orang dewasa sebagai snack selingan. Ternyata suasana minum kopi atau teh bisa disemarakkan dengan kehadiran kue cubit ini.

Kalau anda mau, anda bisa membuat kue cubit dengan rasa unik dan kreatif. Anda bisa membuat Kue Cubit Green Tea yang istimewa dan sehat karena anda membuatnya di rumah.

Wah, keluarga di rumah pasti merasa surprise jika anda menghidangkan kue cubit rasa green tea ini di hari minggu, bahkan pas banget untuk acara arisan.
 
Kue Cubit, Resep Kue cubit green tea, Green tea cake, kue sehat, resep kue
Kue cubit plus ice cream. Image: selerasa.com
Nah, bagaimana caranya? Tentu anda harus menyediakan bahan-bahannya. Santai saja, karena kue cubit kan tidak membutuhkan bahan-bahan seperti membuat kue tart atau pastry ala Perancis atau Amerika. Untuk itu, catat bahan-bahan sebagaimana tersebut di bawah ini:

·         Bahan utama berupa tepung terigu serba guna kurang lebih sebanyak 300 gram saja.
·         Green tea matcha bubuk kualitas bagus secukupnya sesuai warna yang akan dibuat.
·         Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 butir.
·         Margarine bermutu baik kurang lebih sebanyak 50 gram. Lelehkan margarine sebelum dicampur dengan adonan kue cubit.
·         Baking powder kurang lebih setengah sendok kecil.
·         Vanila halus atau bubuk kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
·         Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil atau sesuai selera.
·         Susu cair plain UHT kualitas bagus kurang lebih sebanyak 0.2 liter.
·         Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 150 gram.
·         Margarin atau minyak secukupnya untuk mengolesi cetakan kue cubit.


Kue Cubit, Resep Kue cubit green tea, Green tea cake, kue sehat, resep kue
Cetakan Kue Cubit Green Tea. Image: vemale.com


Bahan topping:

·         Messes atau coklat butir sesuai selera.
·         Parutan keju sesuai selera.
·         Choco chips atau topping lain sesuai selera.
·         Kismis secukupnya.
·         Kacang atau almond sesuai selera. 

Ada ide lain untuk topping? Coba tanya anggota keluarga anda, jangan tanya anggota Hansip atau Satpam ya? 

Lalu apa yang harus dilakukan supaya Kue Cubit ini tidak membuat anda dicubit? Ini langkah-langkah sederhana yang bisa anda lakukan dengan mudah lho:
 
Kue Cubit, Resep Kue cubit green tea, Green tea cake, kue sehat, resep kue
Variasi topping Kue Cubit Green Tea. Image: dearryk.com

Proses pertama yang wajib anda lakukan adalah; campur semua bahan kering, seperti tepung terigu, garam dapur beryodium dan baking powder. Nah, kemudian aduk sampai rata.

Setelah tercampur, ingat ayak bahan kering tadi sampai halus kemudian sisihkan. Lalu, ambil satu wadah, kemudian masukkan gula pasir dan 3 butir telur ayam, dan kocok sampai adonan kue cubit green tea nya mengembang sempurna.

Jika proses di atas sudah anda kerjakan, maka masukkan green tea bubuk dan vanila bubuk yang telah anda siapkan, kemudian kocok kembali sampai tercampur rata.

Lho, setelah itu apa yang harus anda lakukan? Tenang, ikutilah proses berikut ini:
  
·         Setelah rata ubah kecepatan mixer ke yang paling kecil kemudian masukkan adonan tepung kering yang sudah diayak tadi dan kocok sampai rata kemudian matikan.
·         Masukkan margarin yang sudah dicairkan ssebelumnya bersama dengan susu cair plain nya kemudian aduk menggunakan spatula sampai rata.
·         Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit dan tutupi bagian atas wadah dengan kain basah atau lap supaya mengembang.
·         Siapkan cetakan kue cubit dengan api kecil dan olesi dengan sedikit minyak atau dengan margarin supaya nanti tidak lengket.
·         Setelah panas, ambil cetakan dengan sendok sayur kemudian tuang kedalam cetakan. Ingat jangan sampai penuh ya, cukup sekitar kurang lebih 3/4 full karena nanti akan mengembang.
·         Setelah setengah matang atau muncul gelembung dari cetakan, tuang topping resep kue cubit green tea yang akan dipakai di atasnya.
·         Masak lagi sampai matang dan mengembang. Setelah itu, tentu sudah siap untuk dihidangkan. 

Ngopi atau minum teh dengan kue cubit pasti mantap dan maknyus. 

Nah, gampang kan membuatnya? Kini anda sudah mahir membuat Kue Cubit Green Tea istimewa. Tentu semakin indah bila anda kue cubit ini anda kirim ke tetangga beberapa biji supaya mereka ikut berbahagia. Ingat pula untuk share website ini ke Group WA, miling list (memang masih ada?), Facebook, Twitter atau email secara private untuk mereka yang belum bergabung di media sosial.


Kata orang bijak, berbagi itu indah. 

Comments

Popular posts from this blog

Sup Kacang Merah Brenebon asli Manado

Apakah anda sudah pernah jalan-jalan ke Manado, Sulawesi Utara? Jika anda penggemar scuba diving, maka anda pasti ingin ke Bunaken. Di Manado dan sekitarnya seperti di Kawanua, Tomohon, Danau Tondano dan sekitarnya, anda juga bisa menikmati hidangan khas yang lezat seperti ikan tude. Manado juga cocok untuk destinasi wisata kuliner. Ada aneka rasa dan ragam hidangan Manado, salah satunya adalah Sup Kacang Merah Brenebon.  Jika anda belum sempat wisata kuliner ke Manado, anda tidak perlu khawatir karena di kota lain seperti Jakarta, maka Sup Brenebon ini juga bisa anda temukan. Sebelum anda mencobanya, barangkali anda perlu mengetahui sejarah singkat sup yang bisa membuat anda segar dan sehat ini. Berbeda dengan masakan Manado atau Kawanua lainnya yang pedas, maka Sup Brenebon ini cocok untuk siapa saja, bahkan jika anda punya pacar dari Belanda atau Amerika.  Kata Brenebon atau kacang merah konon berasal dari Bahasa Belanda yang dikenal pada jaman VOC ( Vereenigde Oostindische Comp

Barack Obama dan rahasia resep Nasi Goreng Indonesia

Barack Obama presiden USA ke 44 bukan hanya terkenal di Amerika Serikat, bahkan di seluruh dunia, dan tentu saja di Indonesia. Obama pernah menikmati masa kecil dan bersekolah di Indonesia. Setelah pensiun sebagai presiden, Obama sangat menikmati purna tugasnya, dengan berlibur ke Karibia bermain kitesurfing bersama milyarder Richard Branson di British Virgin Island, ke Hawaii, lalu makan makan bareng  Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada, di sebuah cafe di Montreal, Kanada.  Jokowi nyantai dengan Obama di Bogor. Image: netz.id & inforesepku.com Selain bermain basket, Obama punya hobi yang mirip dengan banyak orang, makan-makan. Karena itulah ketika berlibur alias mudik di Indonesia yang dimulai pada 23 Juni 2017, presiden yang bergaya santai ini tidak menyia-nyiakan masa liburannya di Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jakarta untuk menikmati makanan masa kecilnya di Menteng atau Yogyakarta.  Nasi Goreng. Image: en.wikipedia.org Obama sempat membuat heboh pada

Bebalung Sapi khas Lombok. Resep rahasia lengkap dengan video demo. Maknyus

Selain wisata kuliner ke Bandung, Jogjakarta, Belitung atau Bali, barangkali anda sudah pernah liburan dan sekaligus mencoba makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung. Namun, liburan ke Lombok, rasanya kurang sempurna tanpa mencicipi kuliner khas lainnya, Bebalung Sapi.  Masakan khas ini cocok sekali bagi kita yang doyan dengan menu-menu sejenis sop atau gulai dari daging sapi dan tetelan tulang yang masih muda. Masakan bebalung khas ini dibuat hanya dengan beberapa bahan dan bumbu saja yang pastinya tidak akan sulit untuk kita siapkan. Anda bisa membeli bahannya di pasar terdekat.  Bebalung Sapi Lombok. Image: konfrontasi.com Bebalung Sapi paling mantap jika disantap dalam keadaan panas di suasana sore hari atau saat makan siang yang sedikit dingin dan tentunya disantap bersama-sama dengan keluarga atau teman arisan, bahkan saat reunian. Yang unik dari Bebalung ini adalah karena masyarakat asli Lombok percaya bahwa setelah meni

Enjoy Life