Skip to main content

Coba Resep Baru Yuk

Translate

Semur Jengkol ala Betawi, a secret recipe from paradise

Indonesia sangat kaya ragam jenis bahan makanan yang jika dimasak dengan baik dan benar pasti sangat lezat. Buah Jengkol adalah salah satu bahan yang mengundang selera. Jengkol sering dihubungkan dengan aroma khasnya. Baunya sering dibandingkan dengan aroma durian, yang memang tidak semua orang menyukainya.

Tapi anda harus ingat, Jengkol adalah salah satu komoditas bernilai tinggi, yang bisa membuat anda kaya raya jika anda punya kebun pohon Jengkol, atau kalau anda menjadi distributor Jengkol. Anda bisa menjadi "Juragan Jengkol" lho, bahkan bisa dijual online. 

Namun, kalau anda punya semangat petualangan yang tinggi, dan punya hobi wisata kuliner - kalau belum pernah menikmati Semur Jengkol, maka anda belum bisa disebut sebagai pecinta kuliner sejati. 
Buah Jengkol, Resep Semur Jengkol Betawi, Semur Jengkol Betawi, widata kuliner, bisnis kuliner,
Semur Jengkol. Image: kulinernikmatalaicutt.blogspot.co.id
Jengkol juga seolah-olah identik dengan seni kuliner Betawi, Jakarta. Ternyata orang Sunda dan beberapa daerah di Sumatera juga memiliki resep rahasia untuk memasak Semur Jengkol. Kali ini kita coba resep khusus Semur Jengkol ala Betawi. 

Ya, betul. Masyarakat Betawi juga terkenal dengan hidangan Kerak Telor yang sering muncul pada perayaan ulang tahun DKI Jakarta. Ada juga Sayur Besan, Gabus Pucung dan sebagainya. Karena Jengkol tergolong hidangan eksotik, maka untuk menguji keberanian anda sebagai pecinta kuliner, ayo kita coba Semur Jengkol ala Betawi. Pada bagian akhir resep ini, anda akan mendapat tips khusus untuk mengurangi aroma khas Jengkol ini, sehingga anda tidak perlu khawatir akan mempengaruhi penampilan anda. 
Buah Jengkol, Resep Semur Jengkol Betawi, Semur Jengkol Betawi, widata kuliner, bisnis kuliner,
Lunch dengan ekstra Semur Jengkol. Image: food.detik.com
Baiklah, anda perlu pergi ke pasar tradisional atau tanyalah tukang sayur langanan anda apakah tersedia Jengkol super atau Jengkol bermutu tinggi. 

Bahan untuk memasak Semur Jengkol ala Betawi sesuai dengan kaidah-kaidah yang perlu anda perhatikan dengan seksama supaya anda bisa menikmatinya dengan nikmat, adalah sebagai berikut: 

§  Jengkol dengan kualitas tinggi sebanyak 500 gram. Anda sebaiknya memilih jengkol yang sudah tua dan tidak pecah. Ini penting supaya saat dimasak dan dihidangkan akan tampak mempesona dan mengundang selera. 
§  Serai sebanyak 2 batang yang sudah dimemarkan bagian ujungnya. Ingat ujungnya saja lho yang dimemarkan. 
§  Air sebanyak 700 ml
§  Daun Salam tiga lembar. Pastikan memang daun Salam, bukan ucapan salam untuk teman atau tetangga anda. 
§  Lengkuas sepanjang 4 cm yang dimemarkan. 
§  Daun Jeruk sebanyak tiga lembar
§  Kecap manis sebanyak 7 sendok makan
§  Garam secukupnya. Ingat pastikan pilih garam beryodium. 
§  Minyak goreng secukupnya

Ini juga penting diperhatikan sebelum anda mulai memasak, bahwa selain beberapa bahan dan bumbu di atas, Anda juga sebaiknya menyiapkan beberapa bahan bumbu penting yang dihaluskan sebagai berikut:

v  Bawang putih sebanyak 4 siung
v  Bawang merah sebanyak 6 butir
v  Kunyit ukuran 2 cm sebanyak 1 ruas
v  Cabai merah besar sebanyak 3 buah
v  Kemiri sangrai sebanyak 5 butir
v  Ketumbar bubuk sebanyak setengah sendok teh
v  Lada satu sendok teh
v  Pala bubuk sebanyak satu sendok teh
v  Garam secukupnya
v  Gula merah secukupnya
v  Merica bubuk sebanyak satu sendok teh

Cara memasak Semur Jengkol ala Betawi yang tepat supaya maknyus:

v  Setelah semua bahan dan bumbu dipersiapkan, kini Anda bisa memulai untuk mengolahnya menjadi hidangan semur jengkol yang nikmat dan lezat.
v  Langkah pertama untuk membuat semur jengkol adalah dengan merendam buah jengkol yang akan dimasak. Setelah direndam, Anda bisa mengulitinya satu per satu buahnya hingga kulitnya bersih.
v  Setelah itu, Anda bisa merebus buah jengkol yang sudah dikuliti hingga matang yang kemudian tumbuk buah jengkol tersebut hingga bentuknya menjadi pipih.
v  Langkah selanjutnya adalah Anda menghaluskan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan. Bumbu halus tersebut kemudian ditumis dengan minyak goreng secukupnya hingga baunya harum. Kemudian, Anda bisa menambahkan batang serai yang telah dimemarkan, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas ke dalam tumisan bumbu halus.
v  Lalu, Anda bisa mulai memasukkan buah jengkol yang telah digeprek dan dipipihkan ke dalam bumbu, jangan lupa tambahkan air yang telah dipersiapkan.
v  Berikutnya, Anda bisa menambahkan kecap manis dan aduk hingga merata.
v  Setelah itu, Anda sebaiknya menunggu hingga kuah menjadi mengental. Setelah kuah mengental, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu apakah buah jengkol sudah empuk atau belum. Boleh dites dengan menusukkan garpu pada jengkol. Kalau buah jengkol belum empuk, Anda bisa menambahkan air ke dalam masakan hingga buah jengkol menjadi empuk.

v  JIka semua buah jengkol sudah empuk dan kuah mengental, ini artinya semur jengkol Anda sudah siap disajikan. Anda pasti akan mencium aromanya yang mengundang tetangga eh selera anda. 

Siapkan nasi putih atau nasi beras merah. Kalau ada segelas es teh manis atau 
tawar hangat juga cocok untuk menjadi pendamping yang pas selain anggota
keluarga anda yang lain. Semur Jengkol juga mantap kalau dinikmati dengan
Ayam Goreng atau Ikan Goreng.

Apakah anda akan ketagihan? Anda lihat saja kejutannya nanti. 
Buah Jengkol, Resep Semur Jengkol Betawi, Semur Jengkol Betawi, widata kuliner, bisnis kuliner,
Buah Jengkol. Image: hmanfaat-buah.com

Baiklah, berikut ini ada catatan khusus untuk anda. Menurut anjuran dari 
resepmasakankreatif.co.id, merebus buah Jengkol memang perlu waktu lama
supaya benar-benar empuk merata sebelum dimasak bersama bumbu yang 
telah anda baca di atas. 

Nah, supaya aroma Jengkol tidak terlalu "kuat", maka rebuslah Jengkol unik 
ini bersama daun Jambu Biji, sehingga aroma yang anda takuti itu akan 
hilang, begitu pula zat lainnya yang tidak anda butuhkan. Proses ini tidak akan
mengurangi kelezatan Semur Jengkol. 

Jadi, tidak perlu khawarit kan? Karena ada penggemar Jengkol sejati yang
menjadikan buah ini sebagai lalapan mentah. Wow. 
Buah Jengkol, Resep Semur Jengkol Betawi, Semur Jengkol Betawi, widata kuliner, bisnis kuliner,
Tanaman Buah Jengkol. Image: tipspetani.blogspot.co.id
Setelah anda menikmati maknyusnya Semur Jengkol ala Betawi ini, anda 
dianjurkan untuk makan timun mentah segar, dan ingat menggosok gigi 
sebelum tidur. 

Informasi extra: 

Ternyata, buah Jengkol juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kabarnya bisa
mencegah anemia, menjaga kesehatan mata, mencegah osteoporosis, dan bisa
mengusir tetangga eh mengusir radikal bebas. Informasi lengkapnya bisa anda
baca pada http://manfaat-buah.com. 

Apakah anda terinspirasi untuk memulai bisnis kuliner dengan hidangan unik 
ini? Atau anda ingin berkebun Jengkol? Itu ide bagus, tapi jangan sampai 
melakukan praktek kartel Jengkol ya? Nanti bisa ditangkap lho. 


Comments

Popular posts from this blog

Sup Kacang Merah Brenebon asli Manado

Apakah anda sudah pernah jalan-jalan ke Manado, Sulawesi Utara? Jika anda penggemar scuba diving, maka anda pasti ingin ke Bunaken. Di Manado dan sekitarnya seperti di Kawanua, Tomohon, Danau Tondano dan sekitarnya, anda juga bisa menikmati hidangan khas yang lezat seperti ikan tude. Manado juga cocok untuk destinasi wisata kuliner. Ada aneka rasa dan ragam hidangan Manado, salah satunya adalah Sup Kacang Merah Brenebon.  Jika anda belum sempat wisata kuliner ke Manado, anda tidak perlu khawatir karena di kota lain seperti Jakarta, maka Sup Brenebon ini juga bisa anda temukan. Sebelum anda mencobanya, barangkali anda perlu mengetahui sejarah singkat sup yang bisa membuat anda segar dan sehat ini. Berbeda dengan masakan Manado atau Kawanua lainnya yang pedas, maka Sup Brenebon ini cocok untuk siapa saja, bahkan jika anda punya pacar dari Belanda atau Amerika.  Kata Brenebon atau kacang merah konon berasal dari Bahasa Belanda yang dikenal pada jaman VOC ( Vereenigde Oostindische Comp

Barack Obama dan rahasia resep Nasi Goreng Indonesia

Barack Obama presiden USA ke 44 bukan hanya terkenal di Amerika Serikat, bahkan di seluruh dunia, dan tentu saja di Indonesia. Obama pernah menikmati masa kecil dan bersekolah di Indonesia. Setelah pensiun sebagai presiden, Obama sangat menikmati purna tugasnya, dengan berlibur ke Karibia bermain kitesurfing bersama milyarder Richard Branson di British Virgin Island, ke Hawaii, lalu makan makan bareng  Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada, di sebuah cafe di Montreal, Kanada.  Jokowi nyantai dengan Obama di Bogor. Image: netz.id & inforesepku.com Selain bermain basket, Obama punya hobi yang mirip dengan banyak orang, makan-makan. Karena itulah ketika berlibur alias mudik di Indonesia yang dimulai pada 23 Juni 2017, presiden yang bergaya santai ini tidak menyia-nyiakan masa liburannya di Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jakarta untuk menikmati makanan masa kecilnya di Menteng atau Yogyakarta.  Nasi Goreng. Image: en.wikipedia.org Obama sempat membuat heboh pada

Bebalung Sapi khas Lombok. Resep rahasia lengkap dengan video demo. Maknyus

Selain wisata kuliner ke Bandung, Jogjakarta, Belitung atau Bali, barangkali anda sudah pernah liburan dan sekaligus mencoba makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung. Namun, liburan ke Lombok, rasanya kurang sempurna tanpa mencicipi kuliner khas lainnya, Bebalung Sapi.  Masakan khas ini cocok sekali bagi kita yang doyan dengan menu-menu sejenis sop atau gulai dari daging sapi dan tetelan tulang yang masih muda. Masakan bebalung khas ini dibuat hanya dengan beberapa bahan dan bumbu saja yang pastinya tidak akan sulit untuk kita siapkan. Anda bisa membeli bahannya di pasar terdekat.  Bebalung Sapi Lombok. Image: konfrontasi.com Bebalung Sapi paling mantap jika disantap dalam keadaan panas di suasana sore hari atau saat makan siang yang sedikit dingin dan tentunya disantap bersama-sama dengan keluarga atau teman arisan, bahkan saat reunian. Yang unik dari Bebalung ini adalah karena masyarakat asli Lombok percaya bahwa setelah meni

Enjoy Life