Skip to main content

Coba Resep Baru Yuk

Translate

Semur daging Daging Malbi khas Palembang. Resep unik dan mantap

Semur daging Daging Malbi khas Palembang. Resep unik dan mantap. Ayo kita coba resep ini. 

Anda pasti sudah pernah menikmati masakan semur daging dan semur variasi lainnya seperti semur ayam, semur telor, bahkan semur jengkol (ada penggemar khusus lho). Biasanya semur dihidangkan pula di warung-warung dan rumah makan khas Indonesia, baik yang ada di wilayah Nusantara maupun di luar negri. Semur memiliki penggemar yang banyak karena rasanya gurih, empuk dan tentu saja uenak tenan.

Resep semur, Semur Daging Malbi, Masakan Palembang, wisata kuliner, bisnis kuliner, semur daging
Semur Daging Malbi. Image: ramadan.liputan6.com
Apakah anda sudah pernah mencoba semur Daging Malbi? Menurut ramadan.liputan6.com, ternyata semur daging Malbi ini merupakan masakan khas Palembang, Sumatra Selatan. Rasanya yang kaya akan beragam bumbu dan rempah membuat kuliner Palembang yang satu ini begitu nikmat disantap dengan nasi putih hangat.

Anda tidak perlu buru-buru pergi ke Palembang untuk menyantap semur khas ini lho. Ayo kita coba resep unik ini, dan bisa dijadikan hidangan favorit keluarga. Setelah anda membaca resep ini, pastikan anda membeli bahan-bahan di pasar terdekat sebagaimana tersebut di bawah ini.


Bahan-bahan bumbu halus yang perlu anda siapkan:

·         Bawang merah, kupas 6 siung
·         Bawang putih, kupas 3 siung
·         Jahe, kupas 2 cm
·         Lengkuas, kupas 2 cm
·         Minyak 100 ml


Bahan khas Semur Daging Malbi: 

·         Daging sapi sengkel 500 g (dipotong dadu dengan ukuran 3 cm)
·         Bumbu halus
·         Minyak 100 ml
·         Sereh, bersih 2 btg
·         Santan 500 ml
·         Kaldu sapi 1/2 cup
·         Kecap manis 3 sdm
·         Garam 1 sdt
·         Merica
·         Daun salam 2 lbr
·         Air asam jawa 2 sdm
·         Bawang goreng


OK. Anda pasti sudah bisa membayangkan rasa Semur Daging Malbi ini. Ini cara memasaknya, yaitu sebagai berikut:


• Panaskan minyak dalam panci
• Masukan semua bahan-bahan lalu masak sampai matang lalu sisihkan.
• Panaskan minyak dalam panci presto, masukan bumbu halus lalu tumis   sampai harum.
• Masukan daging sengkel, sereh, daun salam dan aduk rata.
• Tambahkan santan dan masak selama 1 menit, biarkan santan         supaya meresap.
• Tambahkan kaldu, kecap manis, merica dan garam secukupnya lalu tunggu sampai mendidih.
• Tutup panci lalu presto selama 30 menit.
• Matikan api, buka panci setelah tekanan udara dalam panci menghilang.
• Keluarkan daging, masukan air asam dalam sisa kaldu lalu panaskan panci dan rebus kaldu sampai kental sesuai keinginan.
• Kembalikan daging ke dalam kaldu dan aduk sampai rata.
• Taburi dengan bawang goreng sebelum disajikan
Resep semur, Semur Daging Malbi, Masakan Palembang, wisata kuliner, bisnis kuliner, semur daging
Semur Daging Malbi special. Image: resepcaramasakan.com

Catatan: Jika anda belum memiliki panci presto, anda bisa menggunakan panci biasa atau wajan dan masaklah semur ini dengan api kecil. 

Baca Juga resep ini: 

Bebalung Sapi Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Maknyus

Kalau anda punya ide lain, anda juga bisa menggunakan daging domba atau kambing untuk anda masak sebagai Semur Domba Malbi atau Semur Kambing Malbi. Barangkali akan lebih enak dan maknyus. Kita harus berani bertualang di dapur, pasti sangat menyenangkan.

Apakah anda sudah pernah melihat menu Semur Daging Malbi istimewa ini ketika anda wisata kuliner? Kalau belum, barangkali anda bisa memulai bisnis baru sebagai pemilik cafe nusantara. Membuka warung di kantin perkantoran pasti juga menarik. Ada banyak cara untuk memulai bisnis baru. 

Ayo bagikan pula resep khas Palembang ini ke temen-teman, keluarga dan calon mertua anda melalui WA group, facebook, twitter atau email. Sharing is beautiful lho. 


Sumber resep: heinzabc.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Sup Kacang Merah Brenebon asli Manado

Apakah anda sudah pernah jalan-jalan ke Manado, Sulawesi Utara? Jika anda penggemar scuba diving, maka anda pasti ingin ke Bunaken. Di Manado dan sekitarnya seperti di Kawanua, Tomohon, Danau Tondano dan sekitarnya, anda juga bisa menikmati hidangan khas yang lezat seperti ikan tude. Manado juga cocok untuk destinasi wisata kuliner. Ada aneka rasa dan ragam hidangan Manado, salah satunya adalah Sup Kacang Merah Brenebon.  Jika anda belum sempat wisata kuliner ke Manado, anda tidak perlu khawatir karena di kota lain seperti Jakarta, maka Sup Brenebon ini juga bisa anda temukan. Sebelum anda mencobanya, barangkali anda perlu mengetahui sejarah singkat sup yang bisa membuat anda segar dan sehat ini. Berbeda dengan masakan Manado atau Kawanua lainnya yang pedas, maka Sup Brenebon ini cocok untuk siapa saja, bahkan jika anda punya pacar dari Belanda atau Amerika.  Kata Brenebon atau kacang merah konon berasal dari Bahasa Belanda yang dikenal pada jaman VOC ( Vereenigde Oostindische Comp

Barack Obama dan rahasia resep Nasi Goreng Indonesia

Barack Obama presiden USA ke 44 bukan hanya terkenal di Amerika Serikat, bahkan di seluruh dunia, dan tentu saja di Indonesia. Obama pernah menikmati masa kecil dan bersekolah di Indonesia. Setelah pensiun sebagai presiden, Obama sangat menikmati purna tugasnya, dengan berlibur ke Karibia bermain kitesurfing bersama milyarder Richard Branson di British Virgin Island, ke Hawaii, lalu makan makan bareng  Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada, di sebuah cafe di Montreal, Kanada.  Jokowi nyantai dengan Obama di Bogor. Image: netz.id & inforesepku.com Selain bermain basket, Obama punya hobi yang mirip dengan banyak orang, makan-makan. Karena itulah ketika berlibur alias mudik di Indonesia yang dimulai pada 23 Juni 2017, presiden yang bergaya santai ini tidak menyia-nyiakan masa liburannya di Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jakarta untuk menikmati makanan masa kecilnya di Menteng atau Yogyakarta.  Nasi Goreng. Image: en.wikipedia.org Obama sempat membuat heboh pada

Bebalung Sapi khas Lombok. Resep rahasia lengkap dengan video demo. Maknyus

Selain wisata kuliner ke Bandung, Jogjakarta, Belitung atau Bali, barangkali anda sudah pernah liburan dan sekaligus mencoba makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung. Namun, liburan ke Lombok, rasanya kurang sempurna tanpa mencicipi kuliner khas lainnya, Bebalung Sapi.  Masakan khas ini cocok sekali bagi kita yang doyan dengan menu-menu sejenis sop atau gulai dari daging sapi dan tetelan tulang yang masih muda. Masakan bebalung khas ini dibuat hanya dengan beberapa bahan dan bumbu saja yang pastinya tidak akan sulit untuk kita siapkan. Anda bisa membeli bahannya di pasar terdekat.  Bebalung Sapi Lombok. Image: konfrontasi.com Bebalung Sapi paling mantap jika disantap dalam keadaan panas di suasana sore hari atau saat makan siang yang sedikit dingin dan tentunya disantap bersama-sama dengan keluarga atau teman arisan, bahkan saat reunian. Yang unik dari Bebalung ini adalah karena masyarakat asli Lombok percaya bahwa setelah meni

Enjoy Life