Skip to main content

Coba Resep Baru Yuk

Translate

Resep ala Seafood Restaurant: Udang Asam Manis

Indonesia memiliki kekayaan laut yang luar biasa, namun konsumsi seafood di negara kita masih rendah dibandingkan negara lain. Ikan atau udang mempunyai kandungan gizi yang penting untuk tubuh dan otak. Kenapa bisa begitu? Ikan, kepiting begitu pula udang mengandung protein tinggi, kalsium, omega 3 dan zat-zat lain yang sangat dibutuhkan sel-sel dan tubuh kita.

Kali ini ayo kita coba resep Udang Asam Manis, yang bisa anda masak dengan mudah, bahkan akan lebih enak daripada di restaurant atau cafe. Yang penting anda mendapatkan udang segar, boleh udang hasil laut maupun udang dari tambak dan sungai.
 
Udang asam manis, resep seafood, wisata kuliner, resep udang asam manis, ikan laut
Udang Asam Manis. Image: resepcaramemasak.info
Supaya tidak kalah dengan chef Farah Quinn dan tukang masak di seafood restaurant, pastikan anda menyiapkan bahan-bahan sebagaimana tersebut di bawah ini:

·         Udang windu atau sesuai selera, dibersihkan
·         Minyak goreng atau margarin secukupnya. Margarin digunakan  untuk menumis
·         Bumbu Udang Asam Manis Yang Perlu Dipersiapkan:
·         Garam, secukupnya
·         Gula, secukupnya
·         Penyedap rasa, secukupnya (jangan banyak-banyak ya, supaya  tetap sehat).
·         Saus bangkok (opsional bila suka)
·         5 butir Bawang merah
·         3 butir Bawang putih
·         1 buah Bawang bombay, cincang halus
·         1 buah Tomat, cincang
·         5 buah Cabe merah, sesuai selera
·         1 sdt air asam

 Nah, ini cara membuat Udang Asam Manis yang enak dan maknyus:

·         Haluskan bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai merah.
·         Panaskan minyak goreng atau mentega, masukkan udang dan  oseng hingga berwarna kemerahan.
·        Masukkan bawang bombay, oseng sebentar lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan.
·      Tambahkan air asam, garam, gula, penyedap rasa dan saus bangkok secukupnya, aduk sampai rata. Jika dirasa bumbu sudah pas, matikan api, angkat dan sajikan.

Udang Asam Manis istimewa ini paling pas kalau dinikmati bersama keluarga di rumah. Kecuali ada masalah dengan kesehatan, semua orang pasti akan menyukai hidangan ini. Para ahli gizi dan dokter memang tidak menganjurkan kita makan udang terlalu banyak. Ini beda dengan ikan laut lainnya seperti ikan Salmon, Tuna, Tongkol, Tenggiri atau ikan Gurame.

Oh, ya. Ini ada tips untuk memasak udang.

Pilihlah udang yang segar dengan cara memegang badan udang. Jika masih terasa keras, maka udang tersebut masih bagus dan segar. Nah, saat memasak udang kulit udang bisa dikupas dulu atau tidak, Ya itu semua tegantung selera kita masing-masing.

Ternyata, duang terasa lebih gurih jika dimasak bersama kulitnya. Karena di dalam kulit udang mengandung antibodi. Jadi jika anda cenderung alergi sama udang, lebih baik makan bersama kulitnya. Ajaib, kulit udang bisa menjadi penawarnya.

Karena berdasarkan penelitian chitosan, “kulit udang” dapat mengobati berbagai penyakit termasuk hipertensi dan diabetes militus. Itulah beberapa khasiat dan fungsi udang yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Tapi jika anda atau ada anggota keluarga yang sudah mengidap kolesterol tinggi, jangan makan udang terlalu banyak, cukup 3 ekor saja supaya tidak lupa rasanya.
 
Udang asam manis, resep seafood, wisata kuliner, resep udang asam manis, ikan laut
Udang Asam Manis Maknyus. Image: cicicookies.com
Udang dan berbagai jenis seafood lainnya jika dimasak dengan resep khusus biasanya segera menjadi favorit para penggemar wisata kuliner. Coba anda lihat di Pantai Jimbaran, Bali dan berbagai pantai eksotik lainnya di dunia –  seafood adalah salah satu inceran para penggemar kuliner dari seluruh dunia. Wow ... Ini merupakan peluang untuk anda.

Kalau anda gemar wisata kuliner, apalagi kalau tergila-gila dengan seafood, mungkin anda perlu membuka warung seafood. Tentu perlu latihan masak selain menyiapkan modal dan lokasi yang tepat. Seperti para pemilik coffee shop, biasanya bermula dari kegemaran mereka ngopi. Siapa tahu anda akan mendapat pengunjung para penggila seafood dari seluruh dunia.

Anyway, kalau anda puas dengan resep ini, ingat untuk berbagi resep ini melalui media sosial secepatnya ya? Udang Asam Manis memang maknyus, berbagi itu juga indah lho.

Artikel ini terinspirasi dari reseptante.com. 

Ayo coba resep lainnya: 

Sate Lilit Khas Bali





Comments

Popular posts from this blog

Bebalung Sapi khas Lombok. Resep rahasia lengkap dengan video demo. Maknyus

Selain wisata kuliner ke Bandung, Jogjakarta, Belitung atau Bali, barangkali anda sudah pernah liburan dan sekaligus mencoba makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung. Namun, liburan ke Lombok, rasanya kurang sempurna tanpa mencicipi kuliner khas lainnya, Bebalung Sapi.  Masakan khas ini cocok sekali bagi kita yang doyan dengan menu-menu sejenis sop atau gulai dari daging sapi dan tetelan tulang yang masih muda. Masakan bebalung khas ini dibuat hanya dengan beberapa bahan dan bumbu saja yang pastinya tidak akan sulit untuk kita siapkan. Anda bisa membeli bahannya di pasar terdekat.  Bebalung Sapi Lombok. Image: konfrontasi.com Bebalung Sapi paling mantap jika disantap dalam keadaan panas di suasana sore hari atau saat makan siang yang sedikit dingin dan tentunya disantap bersama-sama dengan keluarga atau teman arisan, bahkan saat reunian. Yang unik dari Bebalung ini adalah karena masyarakat asli Lombok percaya bahwa setelah meni

Sup Kacang Merah Brenebon asli Manado

Apakah anda sudah pernah jalan-jalan ke Manado, Sulawesi Utara? Jika anda penggemar scuba diving, maka anda pasti ingin ke Bunaken. Di Manado dan sekitarnya seperti di Kawanua, Tomohon, Danau Tondano dan sekitarnya, anda juga bisa menikmati hidangan khas yang lezat seperti ikan tude. Manado juga cocok untuk destinasi wisata kuliner. Ada aneka rasa dan ragam hidangan Manado, salah satunya adalah Sup Kacang Merah Brenebon.  Jika anda belum sempat wisata kuliner ke Manado, anda tidak perlu khawatir karena di kota lain seperti Jakarta, maka Sup Brenebon ini juga bisa anda temukan. Sebelum anda mencobanya, barangkali anda perlu mengetahui sejarah singkat sup yang bisa membuat anda segar dan sehat ini. Berbeda dengan masakan Manado atau Kawanua lainnya yang pedas, maka Sup Brenebon ini cocok untuk siapa saja, bahkan jika anda punya pacar dari Belanda atau Amerika.  Kata Brenebon atau kacang merah konon berasal dari Bahasa Belanda yang dikenal pada jaman VOC ( Vereenigde Oostindische Comp

Balinese Rijsttafel: Jaja Batun Bedil resep jajanan khas Bali yang mantap

Resep dahsyat, Jaje Batun Bedil Bali yang mantap Jaja Batun Bedil. Image: reseponlinepraktis.blogspot.co.id   Jika anda berlibur ke Bali, jangan hanya asyik jalan-jalan di Kuta, Ubud, Sanur, Kintamani, Taman Tirta Gangga atau Pantai Lovina, Tanah Lot, Danau Beratan, Dreamland, Jimbaran dan tempat-tempat indah lainnya seperti Pura Besakih. Ternyata anda juga bisa wisata kuliner lho di Pulau yang makin terkenal karena telah dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia ini. Image: nccjajantradisionalindonesia.blogspot.co.id Anda bisa menikmati berbagai hidangan unik khas Bali seperti lawar, sate lilit, ayam betutu dan aneka nasi bungkus yang dijamin menggugah selera. Namun, bukan hanya itu Bali juga memiliki jajanan pasar dan minuman unik yang pasti membuat anda kembali ke Bali. Anda bisa menikmati es daluman, es bir (tapi bukan bir beralkohol lho), menikmati kopi Bali dengan kue-kue Bali seperti Jaje Lak Lak, dan ini yang unik Jaja (baca Jaje) Batun Bedil. Kalau diterjema

Enjoy Life